Apel dan Jeruk “BERKEKUATAN” Listrik – SDIN

Assalamualaikum teman-teman Nibras

Smoothies, jus, keripik atau asinan? Kira-kira bisa dikreasikan menjadi menu apa lagi ya buah Apel dan Jeruk ?? Atau bisa menjadi Alternatif Energi yang kian hari makin menipis ???

 

Beberapa waktu lalu peserta didik kelas IV Al-Fattah SD Islam Nibras memperoleh kepandaian dan pengetahuan baru melalui Tema 2 : Selalu Berhemat Energi, Sub Tema 3 : Energi Alternatif,  Pembalajaran 6 tentang buah dan sayur sebagai sumber energi alternatif.

Pada kesempatan tersebut peserta didik kelas IV Al-Fattah melakukan percobaan terhadap buah Apel dan Jeruk. Apel dan jeruk yang selama ini peserta didik konsumsi secara langsung ternyata bisa menjadi sumber energi alternatif dikarenakan kadar asam di dalam buah apel dan jeruk mampu membentuk kimia dengan seng dan tembaga, ketika elektron mengalir dari satu bahan ke bahan lainnya, maka energi dilepaskan (Luigi Galvani, 1780)

Alhamdulillah, atas izin Allah percobaan tersebut berhasil dilakukan oleh peserta didik kelas IV Al-Fattah. Semoga dengan adanya  kegiatan pembelajaran ini semakin menumbuhkan keingin tahuan peserta didik dan menambah keimanan kepada Allah SWT.

Perguruan Islam Nibras
Jl. Jati I No. 14 C
Padang

 

The following two tabs change content below.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *