SENTRA SENI & KREATIFITAS KARUNIA ALLAH SWT

Perguruan Islam Nibras, Padang – Sentra merupakan unit-unit arena bermain yang berisi bermacam-macam Alat Permainan Edukatif (APE). Salah satu sentra yang diterapkan pada Satuan Pendidikan PAUD Islam Nibras yaitu sentra seni & kreatifitas yang berpusat pada pengoptimalan kemampuan peserta didik untuk membuat karya seni kriya, musik, lukis dan gerak; mampu melatih motorik halus serta melatih rasa estetika (keindahan).

Penerapan seni & kreatifitas juga disesuaikan dengan tahap perkembangan peserta didik PAUD Islam Nibras.

  1. Kelompok Bermain

Dikelas kelompok bermain, motorik halus peserta didik dilatih dengan menempel kertas origami ke atas styrofoam berbentuk persegi panjang yang sudah disediakan oleh Ibu Guru. Selanjutnya, potongan kertas origami besar ditempelkan pada bagian atas styrofoam sebagai layar handphone dan potongan kertas origami yang lebih kecil menjadi tombol-tombol di handphone.

  1. TK A

Dikelas TK A, kemampuan motorik halus dan kelenturan tangan peserta didik sudah mumpuni untuk membuat sebuah lipatan yang nantinya akan menjadi beberapa karya. Pada kesempatan ini peserta didik diminta untuk melipat kertas origami berbentuk baju, celana dan rok.

  1. TK B

Dikelas TK B, peserta didik diminta untuk membuat karya sepiring lauk-pauk. Pada kesempatan ini peserata didik dilatih untuk mengambar bentuk lauk ataupun sayuran pada kertas origami sesuai dengan warna yang tepat, kemudian mengunting gambar yang sudah dibuat, selanjutnya ditempel pada piring yang terbuat dari karton yang berbentuk lingkaran.

Semoga dengan adanya metode pembelajaran sentra seni dan kreatifitas ini, mampu merangsang domain perkembangan kognitif, bahasa, moral, sosial, psikomotor (halus dan kasar) secara optimal sesuai tahap perkembangan masing-masing anak

Perguruan Islam Nibras
Jl. Jati I No. 14 C
Padang

The following two tabs change content below.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *