Dongeng bersama Sahabat Odi

Perguruan Islam Nibras – Jum’at, 15 Maret 2019 Alhamdulillah Perguruan Islam Nibras mendapat kunjungan dari salah satu Forum Penggiat Literasi yaitu Sahabat Odi.

Sahabat Odi adalah manajemen dongeng, komunitas pegiat literasi dan pemerhati pendidikan anak, khususnya para pendongeng yang terampil dalam seni berkisah (story telling). Sahabat Odi berkeliling negeri membagikan kisah inspiratif untuk mengukir senyum dan memotivasi anak-anak Indonesia.  Selain itu, sahabat Odi juga melakukan penggalangan dana untuk kemanusiaan dan bagi saudara kita di Palestina, Rohingya dan saudara-saudara muslim kita lainnya yang minoritas dan tertindas.

Pada kesempatan tersebut, Sahabat Odi bersama Kak Dedew memberikan begitu banyak kisah dan pengalaman yang menginspiratif. Adapun pembahasan pertemuan Sahabat Odi kali ini tentang “Suka Membantu”, diceritakan membantu merupakan akhlak terpuji yang dapat meringankan beban orang lain,  dengan membantu kita dapat memupuk rasa kasih sayang antar sesama. Penyampaian pesan moral yang lugas oleh Team Sahabat Odi melalui kegiatan berdongeng mudah dipahami sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima baik oleh murid-murid Perguruan Islam Nibras. 

Sikap membantu didalam ajaran agama islam disebut dengan Ta’awun (tolong menolong) dan kita sebagai umat muslim, dianjurkan saling tolong menolong. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam QS. Al-Mâidah/5:2

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.

Hal ini juga diperkuat oleh Hadist yang diriwayatkan oleh HR Bukhari

أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لاَ يَظْلِمُهُ وَلاَ يُسْلِمُهُ وَمَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِي حَاجَتِهِ وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً فَرَّجَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرُبَاتِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ)    رواه البخاري )

Artinya: “Bahwasanya Abdullah bin Umar r.a. mengabarkan, bahwa Rasulullah saw. bersabda: ” Muslim yang satu adalah saudara muslim yang lain; oleh karena itu ia tidak boleh menganiaya dan mendiamkannya. Barang siapa memperhatikan kepentingan saudaranya, maka Allah akan memperhatikan kepentingannya. Barang siapa membantu kesulitan seorang muslim, maka Allah akan membantu kesulitannya dari beberapa kesulitannya nanti pada hari kiamat. Dan barang siapa menutupi (aib) seorang muslim, maka Allah akan menutupi (aib)nya pada hari kiamat ” .

Pada sesi terakhir, kegiatan Sahabat Odi ditutup dengan penggalangan dana berupa pembelian boneka tangan, sehingga uang yang terkumpul digunakan oleh saudara kita di Palestina, Rohingya dan saudara-saudara muslim lainnya yang membutuhkan.

Perguruan Islam Nibras
Jl. Jati I No.14C
Padang

 

The following two tabs change content below.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *