SD Islam Nibras – Berkelana ke Peternakan

Perguruan Islam Nibras, Padang – Murid-murid kelas IV Al –Fattah SD Islam Nibras berkesempatan berkunjung ke UPT Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Padang pada hari Senin 2 maret 2020.

Kunjungan ini merupakan implementasi pembelajaran dengan tema Indahnya keragaman di negeriku pada sub tema keragaman ekonomi Indonesia serta materi pembelajaran aktifitas ekonomi di bidang peternakan.

Selama kegiatan, murid-murid dipandu oleh ibu minda selaku penanggung jawab UPT Peternakan Unand, ibu minda memperkenalkan kepada murid-murid beberapa jenis hewan ternak yang ada pada UPT peternakan diantaranya sapi, kambing, ayam dan burung puyuh.

Dalam pengarahannya, pemandu memaparkan cara pemeliharaan dan perawatan, memberi makan dan minum serta proses pembersihan kandang. “Terhadap hewan, kita juga harus tetap menyayangi , karena hewan juga makhluk ciptaan ALLAH”, jelas ibu minda dalam pengarahannya.

Usai mendapat pengarahan dan berkunjung ke kandang ternak, murid-murid juga memperoleh pengetahuan tentang aktifitas ekonomi di UPT Peternakan Unand melalui kegiatan produksi dan pendistribusian hasil ternak berupa pengemasan telur puyuh dan pengolahan kotoran sapi dan kambing menjadi pupuk kompos, yang nantinya akan didistribusikan kepada konsumen .

Alhamdulillah, selama kegiatan berlangsung murid-murid sangat antusias dan mendengarkan dengan saksama setiap penjelasan dari pemandu meskipun dalam kondisi cuaca kota padang yang sangat terik.

Diharapkan melalui kegiatan ini, murid-murid dapat belajar dan melihat secara langsung aktifitas ekonomi di bidang p

eternakan.

Sumber : Febrika Arina, S.Pd.I

Perguruan Islam Nibras
Jl. Jati I No. 14 C
Padang

The following two tabs change content below.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *